Selasa, 21 Juni 2011

Manajemen Pemasaran

Pemasaran yang dimaksud adalah : suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
Ada beberapa kesimpulan dalam pemasaran :
  1. kegiatan manusia yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan langganan melalui proses pertukaran.
  2. kegiatan perusahaan dalam membuat rencana, menentukan harga, promosi, serta mendistribusikan barang dan jasa.
  3. berorientasi pada pelanggan yang ada dan potensial.
  4. tidak hanya bertujuan untuk memuaskan langganan tetapi juga memperhatikan semua pihak yang terkait dengan perusahaan.
  5. program pemasaran dimulai dengan sebuah ide tentang produk baru, dan tidak berhenti sampai keinginan konsumen benar-benar terpuaskan.
Beberapa konsep pokok dalam pengertian pemasaran :
  • kebutuhan
  • keinginan
  • permintaan
  • produk
  • pertukaran
  • jual beli
  • transaksi (dagang, pekerjaan,keagamaan)
  • pasar
  • pemasar
Untuk mencapai tujuan dalam pasar sasaran maka perusahaan harus menguasai variabel pemasaran. ada beberapa  rangkaian variabel atau unsur-unsur :
  1. unsur produk 
  2. unsur harga 
  3. unsur promosi
  4. unsur tempat
Manajemen pemasaran dan manajemen atas permintaan
Manajemen pemasaran aalah analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
Manajemen atas permintaan (demand management) adalah manajemen yang mempunyai tugas untuk mempengaruhi, tingkat, jangkauan waktu dan komposisi permintaan dalam suatu cara sehingga membantu organisasi mencapai sasarannya.
Manajer  pemasaran disamping memperhatikan unsur-unsur bauran pemasaran, harus mampu mengelola semua tugas dengan melakukan :
  • penelitian pemasaran dengan sistem informasi pemasaran (SIP).
  • perencanaan pemasaran dengan sistem perencanaaan pemasaran (SPP).
  • penerapan atau pelaksanaan pemasaran dengan sistem pelaksanaan pemasaran (SPLP).
  • pengawasan pengendalian dan evaluasi pemasaran dengan sistem pengendalian dan evaluasi pemasaran (SP & EP).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rasa percaya diri diukur oleh sejauh mana Anda dapat akurat mempercayai kebijaksanaan Anda sendiri dan bertindak berdasarkan apa yang Anda ketahui untuk menjadi benar.