Budgeting / Anggaran Perusahaan adalah : suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam satuan moneter dan berlaku untuk jangka waktu tertentu dimasa yang datang.
- Rencana, adalah suatu penentuan terlebih dahulu tentang kegiatan yang akan dilakukan dimasa yang akan datang.
- Kegiatan Perusahaan, semua kegiatan perusahaan yang mencakup bidang produksi, pemasaran, keuangan, dan tenaga kerja.
- Dihitung dalam satuan moneter, karena untuk penyeragaman satuan yang berbeda untuk dikalkulasikan (ekonomi).
- Menggunakan periode tertentu yaitu Tahunan / Semester / Bulan.
Definisi anggaran :
- Anggaran harus bersifat formal
- Sistematis (tersusun beraturan dan rasional)
- Hasil pengambilan keputusan dari berbagai asumsi
- Pelaksanaan fungsi manajer dari segi perencanaan, koordinasi, dan pengawasan
Anggaran perusahaan dapat disebut juga :
- Business Budget
- Profit Planning & Control
- Comprehensif Budgeting
- Managerial Budgeting
- Busness Budgeting & Control
- Realistis
- Luwes
- Kontinyu
- Variabel yang bersifat relevan
1. dipandang dari ruang lingkup / intensitas penyusunan terdiri dari :
- Budget komprehensif : penyusunan dianggaran dengan ruang lingkup yang menyeluruh, kegiatannya yang dicakupinya semua aktivitas perusahaan.
- Budget parsial : penyusunan anggaran dengan ruang lingkupnya terbatas,kegiatannya untuk produksi, administrasi atau penjualan, contoh : rencana produksi saja lainnya no problem,segi keuangan memang keuangan bermasalah, penjualan lainya tidak ada data, tidak punya kemampuan untuk menyusun secara komprehensif.
- Anggaran tetap (fixed budget)
- Anggaran kontinyu (continous budget)
- Anggaran jangka pendek (rencana taktis / operasional)
- Anggaran jangka panjang (rencana strategis), top manajemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Rasa percaya diri diukur oleh sejauh mana Anda dapat akurat mempercayai kebijaksanaan Anda sendiri dan bertindak berdasarkan apa yang Anda ketahui untuk menjadi benar.