Senin, 06 Juni 2011

Budgeting / Anggaran

Budgeting / Anggaran Perusahaan adalah : suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam satuan moneter dan berlaku untuk jangka waktu tertentu dimasa yang datang.
  • Rencana, adalah suatu penentuan terlebih dahulu tentang kegiatan yang akan dilakukan dimasa yang akan datang.
  • Kegiatan Perusahaan, semua kegiatan perusahaan yang mencakup bidang produksi, pemasaran, keuangan, dan tenaga kerja.
  • Dihitung dalam satuan moneter, karena untuk penyeragaman satuan yang berbeda untuk dikalkulasikan (ekonomi).
  • Menggunakan periode tertentu yaitu Tahunan / Semester / Bulan.
Definisi anggaran :
  1. Anggaran harus bersifat formal
  2. Sistematis (tersusun beraturan dan rasional)
  3. Hasil pengambilan keputusan dari berbagai asumsi
  4. Pelaksanaan fungsi manajer dari segi perencanaan, koordinasi, dan pengawasan
Untuk penyusunan anggaran harus berbentuk tabel-tabel dan bersifat kuantitatif (angka).
Anggaran perusahaan dapat disebut juga :
  • Business Budget
  • Profit Planning & Control
  • Comprehensif Budgeting
  • Managerial Budgeting
  • Busness Budgeting & Control
Syarat-syarat dalam penyusunan anggaran :
  1. Realistis
  2. Luwes
  3. Kontinyu
  4. Variabel yang bersifat relevan
Jenis-jenis anggaran
1.  dipandang dari ruang lingkup / intensitas penyusunan terdiri dari :
  • Budget komprehensif : penyusunan dianggaran dengan ruang lingkup yang menyeluruh, kegiatannya yang dicakupinya semua aktivitas perusahaan.
  • Budget parsial : penyusunan anggaran dengan ruang lingkupnya terbatas,kegiatannya untuk produksi, administrasi atau penjualan, contoh : rencana produksi saja lainnya no problem,segi keuangan memang keuangan bermasalah, penjualan lainya tidak ada data, tidak punya kemampuan untuk menyusun secara komprehensif.
 2. Anggaran perusahaan berdasarkan felksibelitasnya terdiri : 
  • Anggaran tetap (fixed budget)
  • Anggaran kontinyu (continous budget)
3. Anggaran perusahaan berdasarkan dimensi waktu terdiri :
  • Anggaran jangka pendek (rencana taktis / operasional)
  • Anggaran jangka panjang (rencana strategis), top manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rasa percaya diri diukur oleh sejauh mana Anda dapat akurat mempercayai kebijaksanaan Anda sendiri dan bertindak berdasarkan apa yang Anda ketahui untuk menjadi benar.